Jumat, 07 Februari 2014

Runaway Ran - Mia Arsjad


Judul : Runaway Ran
Author : Mia Arsjad
ISBN : 978 – 979 – 22 – 6000 – 7
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 368 hlm

Pernah denger seseorang berceloteh tentang novel ini di twitter dan saat melihat novel itu tersedia di rak ‘peminjaman novel’, maka hatipun tak kuasa untuk menyewanya. Ngga terlalu puas sih kalo ngga beli sendiri, tapi aku tetep seneng.


Sinopsis :
Berkisah tentang Katrina yang hobi banget baju online dan masih berkuliah S2, tetapi gara-gara ayahnya pensiun, maka Katrina terpaksa mencari kerja part time untuk kebutuhan belanjanya. Dan akhirnya dia mendapatkan pekerjaan yang gajinya menggiurkan, yaitu menjadi asisten komikus terkenal yang sedang maraknya dibicarakan oleh orang-orang. Karya komik yang diciptakan bergenre komedi, namun saat Katrina bertemu J.F. Ran, dia tidak menyangka bahwa komikus itu berkperibadian dingin dan galak. Namun Katrin tidak akan melepaskan pekerjaan itu meskipun bosnya galak. Lalu muncullah Viana ‘sang Pacar’ yang lebaynya tak terkira, pecemburu hebat, dan judes habis. Katrina hampir ngga tahan, namun Ran berusaha mempertahankan Katrina dengan alasan susah mencari asisten yang cocok.
*****

“Buat gue yang penting gue udah jujur sama kamu. Kalo kamu pergi dan gue belum sempat mengungkapkan perasaan gue, gue bakal nyesel setengah mati.”
Sebuah kisah yang dilatar belakangi kehidupan kota dan gaya hidup yang mewah membuat saya yakin, ini pasti ada tokoh-tokoh yang bikin saya rada ‘eneg’ melihat tingkah lakunya. Namun hal ini membuat kesan cerita lebih dalam kayak sumur #plak digampar penulisnya. Segi penokohan, aku suka banget, emang jelas sih pasti ada cewe-cewe yang mirip dalam novel ini, jadi sebagai seorang cewe, aku ngga ngerasa harga diri aku ditampar, because it’s real. Sama sekali ngga ada kebohongan dalam alur ceritanya.
Tema yang diangkatpun excited, betapa cinta itu bisa membodohi atau memintarkan apapun, lagi-lagi mba Mia mampu menampar para pembacanya dengan kejutan-kejutan cinta yang ada di dalamnya.
Baca-baca dialog antara Viana dan Katrin benar-benar menguras emosi, mba Mia sukses mengeluarkan emosi-emosi setiap tokohnya. Bener-bener bisa bikin kita sebel sekaligus iba sesudahnya.
Cuma aku kadang ngerasa ada lompatan-lompatan yang bikin aku bingung dari segi penokohannya, tapi ngga sampai merusak alur cerita kok.

Dan aku berikan 3.5/5 bintang untuk keseluruhan novel ini. 

Sumber Gambar : https://www.goodreads.com/book/show/18240100-runaway-ran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan, komentar, harapan, atau keinginan kalian.. Membutuhkan saran dan kritik yang lebih banyak. Arigatou minna-san (/_\)