Kamis, 30 Januari 2014

13 Kaku - Kaeri Esa


Judul : 13 Kaku
Penulis : Kaeri Esa
Penerbit : PING!!!
Cetakan : Juni 2013
Tebal : 156 hlm

Sinopsis :
Saat berusia delapan tahun, Mafuyu tidak sengaja mendengar pertengkaran kakaknya dengan tunangannya. Sejak saat itu, Mafuyu membenci hal yang berhubungan dengan perasaan, romantias, ataupun mesra.
Mafuyu sendiri mempunyai Osananajimi (teman masa kecil) bernama Makoto. Namun delpan tahun berlalu, Mafuyu dan Makoto tidak menunjukkan kedekatan mereka. Mereka lebih senang bertemu di atap sekolah saat istirahat walau hanya berbicara selama beberapa menit.
Di sisi lain, Mafuyu berteman dengan Nana dan Ayane. Dan saat Mafuyu berumur 16 tahun, Makoto memberikan hadiah berupa sketsa gambar tentang dirinya. Tidak lama berselang, nenek mereka hendak menjodohkan kakaknya Mafuyu. Demi hal tersebut, Mafuyu berusaha mengetahui hal-hal yang dibencinya, yaitu komik-komik romance, bahkan berkencan dengan sepupu Nana yang ternyata bekerja sama dengan Nana untuk mencelakai Mafuyu.
Lalu bagaimana dengan Makoto? Ternyata, Makoto memiliki perasaan kepada Mafuyu, tapi dia menunjukkannya dengan cara yang berbeda, bukan dengan kata, namun dengan tiga belas garis sketsa.
*****
Novel ini banyak menjelaskan tentang garis-garis kehidupan, baik tentang cinta, persahabatan, kebencian, bahkan ketulusan. Novel ini mengatakan kepada kita, bahwa cinta itu bukan hanya disampaikan melalui kata-kata, ada banyak cara untuk menyampaikannya.
Dan manusia itu, tidak usahlah membalas dendam. Toh semua manusia akan mati sendiri
Jleb banget kata-kata di atas, ketika kita membenci seseorang atau berharap seseorang yang kita benci itu mati, maka itulah kata-kata yang tepat untuk menuntasakan pikiran jahat kita.
Dinilai dari segi persahabatan, terkadang kita tidak pernah tahu siapa sahabat atau musuh kita karena keduanya memiliki kesamaan, yaitu memperhatikan kita.
Makoto menunjukkan sisi ketulusannya, bahwa apapun yang diinginkan Mafuyu pasti akan dipenuhi oleh Makoto. Penokohan yang natural, persis seperti karakter orang Jepang yang selama ini saya ketahui lewat Anime-anime atau dorama-dorama Jepang.
Alur yang benar-benar menyenangkan dan tak terduga bermunculan, walaupun sebenarnya saya bingung dengan tema novel ini, mungkin kalau disimpulkan ini adalah novel bertema kehidupan, hehehehe.
Selesai membaca ini kedua kalinya, saya beri 3.5/5 secara keseluruhan.


Sumber Gambar : https://www.goodreads.com/book/show/18159622-13-kaku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan, komentar, harapan, atau keinginan kalian.. Membutuhkan saran dan kritik yang lebih banyak. Arigatou minna-san (/_\)